Kecanduan / Adiksi

Pengertian / Definisi Kecanduan / Adiksi

Kecanduan / Adiksi adalah hasil dimana seseorang mengkonsumsi substansi / zat (contoh : kafein, nikotin) atau melakukan aktivitas tertentu (contoh: belanja, berjudi, sex) dan lama- lama menjadi kompulsif, dan mengganggu kesehatan, hubungan sosial, dan pekerjaan.
Menurut American Society of Addiction Medicine, kecanduan adalah sebuah gangguan psikiatrik yang progresif, ditandai oleh ketidak mampuan untuk mengontrol perilaku dengan menghasilkan response disfungsi emosional (contoh : marah, mengancam, dll) apabila tidak terpenuhi. Kecanduan mempengaruhi kemampuan pemakai / user untuk menjauhkan diri dari substansi / perilaku tersebut.
Sedangkan menurut American Psychiatrict Association kecanduan adalah kondisi kompleks, sebuah penyakit otak yang dibuktikan dengan penggunaan substansi / zat secara kompulsif meskipun mengetahui bahayanya. Seseorang dengan kecanduan memiliki keinginan yang besar untuk tetap menggunakan substansi / zat tertentu, seperti alkohol atau narkoba / napza sampai mengganggu / mengambil alih hidup mereka.

Contoh Kecanduan :

Seseorang tetap merokok meskipun mereka sudah tahu bahwa merokok tidak sehat dan merugikan kesehatan. Meskipun banyak pengobatan efektif yang bisa membantu seseorang bebas rokok, dia tetap bersikukuh tidak mau berhenti merokok.
Lihat Juga:
  • Alkoholisme / Kecanduan Alkohol
  • Merokok / Kecanduan Rokok
  • Kecanduan Gadget
  • Kecanduan Sosial Media
  • Kecanduan Napza / Narkoba
Kecanduan / Adiksi Kecanduan / Adiksi Reviewed by Editor on August 03, 2017 Rating: 5

No comments:

Menghargai Dan Membantu Anak Pendiam Berkembang: Panduan Untuk Orang Tua Dan Pengajar

Anak pendiam sering kali memiliki kualitas yang unik dan berharga dalam perkembangan mereka. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana pendekat...

ads
Powered by Blogger.