Mengatasi Depresi dengan Meditasi Mindfulness


Depresi tidak hanya merupakan penyakit mental paling umum, tapi juga salah satu yang paling keras kepala dalam disembuhkan. Kurang lebih dari 80% orang yang pernah mengalami depresi major / major depression bisa kapan pun mulai kambuh lagi.

Penyebab Umum Depresi

Seperti yang kita ketahui, depresi ditandai dengan ketidakmampuan untuk berhenti memiliki pikiran negatif, dan tidak bisa melupakan kenangan yang menyedihkan. Kecenderungan untuk terus- menerus merenungkan / mengingat ini membentuk pola berpikir negatif.
Orang-orang yang beresiko tinggi terkena depresi biasanya sering berurusan dengan pola pikir, perasaan, dan kepercayaan negatif (William Kuyken PhD – Professor Oxford UK). Dari sini, dibuat penelitian yang berusaha mengatasi dengan timbulnya pola pikir negatif ini tanpa efek samping, yakni dengan mindfulness-based cognitive therapy, atau MBCT (Terapi Kognitif dengan perhatian penuh / mindfulness).
Terkadang penderita depresi dan kecemasan (anxiety) terlalu sering berperang dengan pikiran-pikiran yang mengganggu, dan tidak bisa membedakan apakah pemikiran ini adalah pemikiran problem-solving atau kekhawatiran yang tidak beralasan dan tidak ada faedahnya.
Jika anda memiliki kekhawatiran-kekhawatiran yang tidak produktif, anda bisa melatih diri anda untuk mengubah pemikiran tersebut.
Contoh:
Mungkin yang sering muncul di pikiran anda seperti ini
Kalau saya sampai telat masuk kerja, saya bisa dipecat, dan bagaimana dengan cicilan kredit rumah saya, karir dan hidup saya akan berakhir! Bagaimana ini !?”
Mindfulness terapi mengajarkan anda untuk menyadari,
Oh, pikiran itu muncul lagi di pikiran saya. Saya sudah pernah memikirkannya sebelumnya. Tapi itu hanya sebuah pikiran, dan bukan bagian dari inti diri (core self) saya.”

Apa Itu Terapi MBCT?

Definisi Terapi MBCT

Mindfulness-based cognitive therapy (MBCT) adalah program meditasi yang merupakan integrasi dari terapi kognitif behavioral dan pengurangan stress dengan mindfulness yang merupakan intervensi psikososial untuk mengatasi depresi.
Terapi MBCT ini termasuk sangat simpel dan berhubungan dengan latihan “perhatian penuh / mindfulness” biasa nya selama 8 minggu dan memasukkan beberapa latihan seperti, yoga, kesadaran tubuh, dan PR harian, seperti makan atau melakukan tugas rumah tangga dengan perhatian penuh terhadap apa yang dilakukan, dari waktu ke waktu.
Hasil penelitian dari Universitas John Hopkins, menemukan dari 19.000 penelitian mengenai meditasi, bahwa meditasi mindfulness ini bisa membantu stress psikologi seperti kecemasan, stress, sampai depresi.
Cek : Latihan mindfulness yang bisa anda lakukan hari ini

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba terapi MBCT?
Referensi:
Morgan, D. (2003). Mindfulness-based cognitive therapy for depression: A new approach to preventing relapse.
Teasdale, J. D., Segal, Z. V., Williams, J. M. G., Ridgeway, V. A., Soulsby, J. M., & Lau, M. A. (2000). Prevention of relapse/recurrence in major depression by mindfulness-based cognitive therapy. Journal of consulting and clinical psychology, 68(4), 615.
Kuyken, W., Watkins, E., Holden, E., White, K., Taylor, R. S., Byford, S., ... & Dalgleish, T. (2010). How does mindfulness-based cognitive therapy work?. Behaviour research and therapy, 48(11), 1105-1112.
Mengatasi Depresi dengan Meditasi Mindfulness Mengatasi Depresi dengan Meditasi Mindfulness Reviewed by Editor on July 28, 2017 Rating: 5

No comments:

Menghargai Dan Membantu Anak Pendiam Berkembang: Panduan Untuk Orang Tua Dan Pengajar

Anak pendiam sering kali memiliki kualitas yang unik dan berharga dalam perkembangan mereka. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana pendekat...

ads
Powered by Blogger.